Wednesday, 5 June 2013

Cooking is A Good Therapy

Aku memulai hari ini dengan sangat baik.

Perasaan ini sangat menyenangkan dan memang tidak pernah salah, bahwa bagiku memasak dengan sungguh- sungguh adalah salah saru terbaik untuk mengurai emosi dan menenangkan kemelut pikiran.

Awalnya aku hanya memasak untuk membuat kejutan ulang tahun Eka yang hari ini ulang tahun (Selamat ulang tahun Eka ! Terberkahilah kau selalu!).
Jadi aku pergi ke rumah Nadia yang pandai memasak untuk membuat desert atau makanan apa saja dari bahan seadanya yang tersedia di rumah Nadia (Ingatan pendek aku dan Nadia membuat kami ingat ulang tahun Eka ketika beberapa jam sebelum tanggal ulang tahunnya !) Jadi dengan persediaan seadanya, aku dan Nadia akhirnya menghabiskan sekitar dua jam untuk membuat puding strawberry tabur kacang almond dengan topping fla dan cokelat beku.

Pada saat itu, aku sudah hampir lupa betapa aku dulu sering memasak makanan harian dan betapa dulu aku selalu ingin mencoba membuat desert . Well, akhirnya kejutan dilancarkan dengan sukses dan penuh huru hara bersama Nadia dan Abhim. Sederhana tapi semoga menyenangkan untuk Eko karena kami - para penyelenggara merasa sangat senang ! haha

Kami meninggalkan kamar kosan Eka sekitar pukul setengah tiga dini hari.

Awalnya aku ingin duduk mencari sesuatu di Internet, tapi karena tempat tongkrongan penuh maka aku memutuskan untuk pulang.

Kesal, aku memutuskan untuk mencari makan mie rebus. Tapi penanak nasi yang penuh membuat aku mengurungkan niat dan berencana mencari sesuatu yang lebih enak, murah dan sehat untuk dimakan. Kebetulan sekali, pedagang di pasar depan rumah sudah ada yang menata lapak mereka.
Singkatnya aku akhirnya membeli wortel,merica, bawang putih, tahu, telur dan bumbu racik tahu-tempe. Total belanjaanku hanya Rp. 11.500,00 saja.

Aku mulai memasak. Dan sungguh, aku nyaris lupa betapa menyenangkannya memasak. Betapa menenangkannya momen saat mengolah wortel dan bahan- bahan lain disertai dengan alunan musik. Dulu aku selalu membiarkan pikiran- pikiran yang memusingkan terurai begitu saja dalam kegiatan masak pagi hari yang membuat saraf tegang. Awalnya hal ini aku lakukan agar kesebalanku yang terpaksa memasak pagi- pagi jadi tidak terasa. Tapi lama - lama ini malah jadi kebiasaan positif yang jujur saja aku nikmati asal tidak banyak tekanan dan mata yang mengawasi. Aku lebih suak bermain dengan resepku. Hasilnya tidak harus enak, yang penting bisa membuat aku senang. haha

Dan sajian dini hariku terhidang nikmat walaupun sederhana, Orek Wortel dan tahu goreng.
Ah, rasanya luar biasa ketika aku akhirnya memasak dengan sungguh- sungguh. Bahkan saat ini bekas kunyit dari tahu masih mewarnai ujung jari-jariku dengan warna kuning pudar. Sudah lama aku tidak punya bekas warna dari masakan. Yeah !

Sayang, foto- foto masakannya belum bisa aku unggah karena tidak ada penghubung ponsel ke laptop.

Well well well, tidak pernah aku duga bahwa kegiatan yang dulunya sangat menjengkelkan kini bisa aku ubah menjadi sesuatu yang menyenangkan dan menenangkan.

Jadi sekali lagi teoriku mendekati kebenaran walau secara empiris, bahwa Cooking is A Good Therapy ! :)

No comments:

Post a Comment